• Home
  • Blog
  • 7 Tempat Wisata Populer di Banyuwangi
7 Tempat Wisata Populer di Banyuwangi

7 Tempat Wisata Populer di Banyuwangi

Banyuwangi adalah sebuah kota yang terletak di ujung timur pulau jawa. Kota ini memiliki beberapa julukan di antaranya sunrise of java. Banyuwangi menyimpan banyak ke indahan alam yang patut untuk di kunjungi. Berikut beberapa tempat yang populer di kunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

1. Kawah Gunung Ijen
Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Gunung ini memiliki ketinggian 2.386 mdpl. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah blue fire (api biru) di dalam kawah yang terletak di puncak gunung tersebut. Satu satunya di dunia gunung yang memilki api biru. Untuk menuju gunung ijen bisa berkendara dari kota Banyuwangi menuju pos pertama yaitu paltuding. Setalah itu perjalanan di lanjutkan berjalan kaki dengan jarak 3km, yang memiliki medan menanjak. Tapi setalah sampai puncak kelelahan itu akan terbayar dengan suguhan keindahan alam yang sangat luar biasa. Adapun jika tidak ingin berjalan kaki, pengunjung bisa menyewa jasa troly untuk naik ke puncak gunung.

2. Taman nasional Baluran
Baluran, namanya di ambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu gunung baluran. Baluran memiliki julukan lain yaiu afrika van java. Dimana julukan tersebut disematkan karena alamnya mirip dengan afrika yang memilki padang savana berwana coklat kering. Satwa yang banyak berkeliaran di taman nasional ini di antaranya Banteng, Merak, Rusa, Kijang dan macan tutul jawa. Ada beberapa tempat yang bisa di kunungi di taman nasional ini, di antaraya Savana Bekol, Pantai Bama dan hutan mangrove. untuk menuju Afrika van Java ini bisa berkendara dari kota banyuwangi dengan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.

3. De Djawatan
De Djawatan adalah hutan wisata yang berlokasi di Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Pepohonan di De Djawatan adalah trembesi yang dipenuhi dengan tumbuhan epifit. Ada sekitar 805 pohon yang telah berumur 100-150 tahun. Rata-rata, pohon-pohon memiliki ukuran keliling 400-500 sentimeter, dengan diameter 1,5 meter sampai 2 meter. kawasan ini memiliki kesamaan seperti film lord of the ring. sehingga banyak wisatawan yang menjuluki kawasan ini adalah hutan lord of the ring. Wisatawan banyak yang mengabadikan berfoto dengan latar belakakang hutan ini. Untuk menuju lokasi ini dari banyuwangi kota, kurang lebih 1 jam perjalanan.

4. Pulau Tabuhan
Pulau Tabuhan terletak di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Pulau Tabuhan merupakan pulau kecil di perairan Selat Bali. Jarak tempuh Pulau Tabuhan dari Kabupaten Banyuwangi kurang lebih 25 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.Pulau Tabuhan merupakan pulau yang tidak berpenghuni dan memiliki pemandangan pantai yang sangat indah. Pantai di Pulau Tabuhan memiliki pasir putih yang lembut lengkap dengan pohon hijau di sekitarnya. Pulau tabuhan ini memilki air yang jernih sehingga dapat untuk melakukan snorkeling. untuk dapat menuju pulau ini wisatawan dapat menaiki perahu dari pantai watudodol atau dari pantai bangsring.

5. Pantai Pulau Merah
Pulau Merah adalah objek wisata yang terletak di kecamatan pesanggaran, kabupaten banyuwangi. Nama Pulo Merah merujuk pada sebuah bukit kecil di tepi pantai yang memiliki tinggi sekitar 200 meter. Bukit tersebut memiliki tanah berwarna merah dan ditutupi oleh vegetasi hijau sehingga tidak terlalu tampak warna aslinya. Bukit ini bisa diakses pada saat air sedang surut. Pantai Pulo Merah berpasir putih terbentang sepanjang tiga kilometer. Namun, ombak Pulo Merah yang terbilang cukup tinggi tidak terlalu sesuai untuk digunakan berenang, terutama bagi anak kecil. Ombak di kawasan Pulo Merah cukup menantang dan menjadi salah satu tempat ideal untuk penggemar olahraga selancar. Ombak di pantai ini tergolong cukup tinggi berkisar 3-5 meter dan cocok untuk pecinta olahraga selancar (surfing). Jarak dari kota Banyuwangi kurang lebih 2 jam perjalanan.

6. Pantai Wedi ireng
Wedi ireng dalam bahasa jawa memiliki arti pasir hitam. Tetapi pantai ini lapisan teratas dari pasirya berwarna putih lembut. Lokasi Pantai ini terpencil, sehingga untuk mencapai kesana harus menggunakan perahu nelayan. pantai eksotis yang tersebunyi ini bisa di akses melalui pantai mustika lalu mengunakan perahu untuk menuju kesana. Pantai mustika jarak dari kota banyuwangi kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan.

7. Pulau Bedil
Pulau bedil disebut sebagai raja ampatnya banyuwangi. Untuk tiba di Pulau Bedil, Kita harus menyeberang laut dari Pantai Mustika Pancer. Untuk menuju pantai mustika pancer jarak dari kota banyuwangi kurang lebih 2 jam perjalanan. Pulau Bedil memiliki daya tarik sebuah laguna, berupa lorong atau gua alami yang menembus pulau dengan pemandangan Samudera Hindia. Kamu juga bisa melihat langit-langit gua yang penuh kelelawar. Warna air laut di pantai ini pun sangat biru dan bersih. Air laut yang berwarna cantik tersebut memberikan pesona dan daya tarik untuk berenang. Menariknya, kamu bisa berenang dengan aman dan nyaman di sini, karena laguna ini tidak terlalu dalam dan tak memiliki terumbu karang. Di dalam laguna, ada ikan-ikan kecil yang sengaja ditebar penduduk lokal. Jika air laut sedang surut, laguna ini hanya memiliki kedalaman sekitar 1 meter. Selain itu, suasana di Pulau Bedil ini sangat menarik dengan hamparan gugusan pulau seperti di Raja Ampat, Papua Barat. Akses jalan yang masih alami juga menjadi tantangan tersendiri untuk mengeksplorasi Pulau Bedil. 
 

Paket Wisata

Paket Wisata Bali 3 Hari 2 Malam

Paket Wisata Bali 3 Hari 2 Malam

Paket Wisata Bali 4 Hari 3 Malam Super Murah

Paket Wisata Bali 4 Hari 3 Malam Super Murah

Paket Wisata Sukamade 2 Hari 1 Malam

Paket Wisata Sukamade 2 Hari 1 Malam

Aktivitas

Donut Boat

Donut Boat

Banana Boat

Banana Boat

Fly Fish

Fly Fish

Rent Car

Hiace

Hiace

Hiace

Hiace

Avanza/Xenia

Avanza/Xenia

Gallery Video

;